TERUNGKAP!!! Penyebab badan pegal pegal karena asam urat dan cara mencegah asam urat

Penyebab badan pegal pegal karena asam urat dan cara mencegah asam urat - halo gaes hari ini gue bakalan ngebahas tentang penyakit asam urat.

asam urat pada jari tangan dan kaki

Definisi

Asam urat atau dalam bahasa medis Gout arthritis adalah penyakit peradangan pada sendi, ini terjadi karena tingginya kadar asam urat dalam tubuh kita. 

lalu apakah dengan tingginya kadar asam urat di tubuh saja bisa mengakibatkan pegal di sendi sendi ? tentu saja tidak, asam urat terjadi karena asam urat mengalami pengkristalan di dalam/disekitar sendi yang kemudian megakibatkan respon inflamasi/peradangan di sendi.

Penyebab Asam urat

  • makan makanan yang banyak mengandung basa purin (seperti sayur sayurn hijau, makan makanan sea food)
  • kerusakan pada ginjal

Gejala Asam Urat

Karena Asam urat adalah sebuah peradangan maka tanda tanda peradangan akan terlihat seperti 

baca juga : Tanda - tanda Radang/ inflamasi

  • Rubor  atau kemerahan
  • kalor atau panas
  • tumor  atau bengkak
  • dolor atau nyeri
  • functio laesa  atau gangguan gerak
Biasanya asam urat ini terjadi secara tiba tiba selama beberapa hari dan kemudian akan menghilang. namun tidak menutup kemungkinan akan mucul kembali.

Penata laksanaan asam urat

Penata laksanaan asam urat sebenarnya hanya bertujuan untuk meringankan gejala dan juga mencegah asam  urat agar tidak kambuh

Meringankan gejala asam urat adalah dengan cara mengetahui keluhan keluhan yang dikeluhakn pasien. keluhan paling sering adalah rasa nyeri. rasa nyeri ini bisa diatasi dengan obat obatan golongan kortikosteroid atau NSAID.

Sedangakan untuk mencegah asam urat agar tidak kambuh kita perlu mengetahui penyebab peningkatan asam urat. bila ditemukan ada penyakit pembawa seperti gagal ginjal dan hipertensi maka diobati terlebih dahulu penyebab tersebut. sedangkan untuk pengobatan yang bertujuan untuk menurunkan kadar asam urat sendiri terdapat obat allupurinol.


Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "TERUNGKAP!!! Penyebab badan pegal pegal karena asam urat dan cara mencegah asam urat"