WOW!! ujian ujian di fakultas kedokteran!

Ternyata begini ujian ujian di fakultas kedokteran!! - Masuk fakutas kedokteran merupakan impian banyak orang. tapi sudah taukah kalian bagaimana tem ujian yang ada di fakultas kedokteran ??



Sistem perkuliahanyang diterapkan di fakultas kedokteran saat ini berbeda dengan perkuliahan biasa. sistim perkuliahan yang digunakan adalah sistim PBL (Problem Based Learning). artinya pembelajaran yang digunakan adalah pembelajaran yang berbasis pada penyelesaian masalah begitu pula dengan ujian di fakultas kedokteran.

Dengan diterapkanya sistim PBL tersebut mahasiswa kedokteran sekarang belajar dengan sistem Blok (mialnya blok respirasi, blok cardiovaskular dll) dan ujian di fakultas kedokteran pun disetiap akhir blok . 

Dalam satu blok tersebut kita akan mempelajari semua tentang pokok bahasan blok tersebut. misal saya ambil contoh blok dermatomusculoskeletal (blok kulit,otot dan tulang) maka diblok itu kita akan belajar secara terintegrasi mulai dari anatomi, histologi, embriologi sampai faal serta semua penyakit yang ada di blok tersebut. 

Waktu yang kita butuhkan untuk menyelesaikan satu blok tidak lama lama kok cuma kisaran 6-8 minggu. ya cepat, karena di sistem PBL ini diasumsikan bahwa mahasiswa aktif belajar mandiri sehingga dapat menguasai semua materi pada blok itu.

Setiap akhir blok maka akan diadakan yang namanya ujian blok, dalam ujian blok ini ada beberapa mata ujian yang diujikan. jika dikampus saya yang diujikan (catatan setip FK memiliki sistem ujian yang berbeda2) adalah :


1. MDE (multi disiplinary examination)


MDE dari singkatanya pun sudah bisa diketahui kalau ujian ini ujian darimultidisiplin. artinya apa di ujian ini kita akan diuji soal soal Multiple choice dari berbagai disiplin ilmu kedokteran (Anatomi,fisiologi, embriologi, farmasi, farmakologi, parasit, mikrobologi) dalam satu waktu. soal yang usti kita kerjakan kurang lebih ya 150-an soal. tapi tenang saja materi yang diujikan semuanya adalah yang disampaikan oleh pakar di kuliah pakar yang telah kita lakukan.


2. OSPE (Objective structure Practical Examination)


Ospe adalah ujian yang selanjutnya, ini adalah ujian praktikum/lab yang pernah kita lakukan sebelumnya, disini sistem ujianya berbeda dengan ujian ujian biasanya, pada OSPE ini sistemnya kita yang menghampiri soal, jadi sudah disediakan kurang lebih 60-an soal yang dijejer dimeja yang terdiri dari berbagai macam preparat mulai dari anatomi, histologi, Patologi anatomi, parasit dll. setiap mahasiswa akan berdiri di satu soal sesuai urutan yang telah ditentukan, rotasi/perpindahan ke soal berikutnya kita diberi waktu selama 1 menit dan akan diberi tanda dengan bel.

3. OSCE (Objective structure Clinical Examination)


Osce adalah ujian yang menguji keterampilan klinis kita dalam menangani pasien. simpelnya begini, ketika temen temen ke dokter pasti dokter pertama akan bertanya tanya tentang keluahan kita, selanjutnya kita diminta berbaring di tempat tidur terus si dokter mulai meriksa kita deh dipeang pegang, ditempelin stetosko  dll. nah di OSCE ini kita ujian untuk melakukan itu. sistem ujianya nanti akan dibagi bagi dalam stase stase dan didalm stase tersebut sudah ada satu dokter penguji dan satu pasien pasienan kita akan masuk ke setiap stase dan melaksanakan instruksi yang sudah ada.

4. SOCA (Studen Oral Case Analytic)



Soca adlah ujian yang selanjutnya di ujian ini kita akan menganalisis sebuah kasus yang diberikan kepada kita mulai dari penyakitnya apa hingga tata laksana dan prognosis (ramalan kesembuhan dari pasien) bagaimana. hasil analisis kita ini kita tuangkan dala bentuk flipchart yang selanjutnya akan kita presentasikan di depan 2 penguji yang pakar dibidangnya. waktu untuk menganalisis dan membuat flipchart adalah 30 menit dan waktu presentasi adalah 20 menit. perlu diketahui juga dikampus saya kasus yang akan kita analisis itu tidak kita ketahui alias randem, jadi mau tidak mau kita harus belajar semua materi yang ada. dan soca ini yang biasanya buat mahasiswa kedokteran pada nggak tidur (hhee pengalaman penulis), tapi tenang kalau kalian sudah belajar dari awaal dan memeperrsiapkan dengan baik semuanya pasti mudah kok.

Itu adalah ujian ujian yang akan kalian tempuh ketika masuk ek fakultas kedokteran, tapi perlu diingat kalau setiap universitas punya sistem ujian yang berbeda beda, tapi paling tidak gambaran/garis besarnya seperti itu.


LIHAT JUGA 


jangan lupa comment ya kalau ingin bertanya tanya atau berbagi cerita :)

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "WOW!! ujian ujian di fakultas kedokteran!"