WASPADAI!! Cardinal sign atau tanda - tanda Inflamasi

Cardinal sign atau tanda - tanda Inflamasi - Pernahkah kalian pergi kedokter lalu di diagnosis terjadi peradangan di tubuh anda? lalu sudah taukah kalia apa itu peradangan/inflamas?

lets chek it out ..

Definisi

Inflamasi/peradangan adalah nflamasi atau peradangan adalah upaya tubuh untuk perlindungan diri, tujuannya adalah untuk menghilangkan rangsangan berbahaya, termasuk sel-sel yang rusak, iritasi, atau patogen dan memulai proses penyembuhan.

jadi, dari definisi diatas ketika tubuh kkita mengalami inflamasi berarti tubuh kita masih normal, normal maksudnya masih merespon terhadap benda benda asing.

Jenis inflamasi

  • inflamasi akut  Inflamasi akut adalah inflamasi yang waktu terjadinya cepat hitungan jam - hari
  • Inflamasi Kronis Inflamasi kronis adalah inflamasi yang terjadinya sudah lama bisa hitungan bulan sampai tahun.
nah, jadi ketika mengalami inflamasi segera hubungi dokter ya guys, jangan samapi jadi inflamasi yang kronik karena dampak komplikasinya akan berbahaya. 

lalu bagaimana kita tau tanda tanda sebuah inflamasi/peradangan ??
 

tanda peradangan/inflamasi

cardinal sign inflamasi

tanda tanda inflamasi / cardinal sign dari inflamasi yaitu meliputi 5 hal ini guys :
  • kalor  merupakan tanda berupa perubahan suhu menjadi lebih tinggi/ panas. ini terjadi karena ketika terjadi inflamasi pembulu darah akan mengalami pelebaran/vasodilatasi yang mengakibatkan darah menjadi banyak mengalir. karena darah itu panas jadi semakin banyak darah yg mengalir semakin panas daerah inflamasi tersebut.
  • rubor Rubor ini istilah untuk "kemerahan". ini terjadi sama seperti hal diatas karena meningkatnya aliran darah di sekitar daerah inflamasi yang mengakibatkan warna kulit menjadi kemerahan.
  • Tumor tumor adalah istilah untuk "bengkak" ini terjadi karena ketika pembulu darah melebar mengakibatkan banyak protein protein & cairan keluar dari pembulu darah dan memenuhi daerah inflamasi sehingga terjadilah pembengkakan
Baca juga : Gejala Asam Urat
  • Dolor Istilah untuk "Nyeri" ini terjadi karena saat inflamasi akan dilepaskan mediator mediator inflamsi seperti prostaglandin, histamin dll. yang kemudian akan merangsang ujung saraf bebas.
  • functio laesa istilah untuk "gangguan alat gerak" ini terjadi karena manifestasi dari cardinal sign lainya seperti neri, bengkak, dll yang kemudian akan berdampak pada gangguan pada pergerakan.

oke itu tadi adalah tanda tanda peradangan/cardinal sign dari inflamasi.

Obat inflamasi

obat - obatan untuk inflamasi adalah yang masuk kedalam golongan kortikosteroid dan juga NSAID. obat obatan ini bisa kita dpatkan diapotek apotek yang ada.
contoh obatnya : natrium diklofenak dll

tapi jangan asal asalan membeli obat ketika kalian merasa tanda tanda inflamasi, sebaiknya konsultasikan kedokter untuk mendapatkan pengobatan yang tept untuk inflamasi

oke sekian dulu share tentang tanda - tanda inflamasinya guys.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "WASPADAI!! Cardinal sign atau tanda - tanda Inflamasi"