lapisan kulit : epidermis, dermis, hypodermis

Ini dia lapisa kulit kita - Kali ini mas bro bakalan berbagi ilmu tentang lapisan yang ada di kulit manusia. kulit manusia terdiri tiga lapisan utama yaitu

  • epidermis
  • dermis
  • hipodermis
Sebelum mas bro membahas tentang lapisan lapisan kulit itu masbro bakalan kasih tau terlebih dahulu apa itu kulit. 

Menurut kamus mas bro, kulit adalah lapisan paling luar dari tubuh manusia yang berbatasan langsung dengan dunia luar, kulit juga merupakan bagian terluas dari tubuh manusia, pada orang dewasa luas kulit bisa mencapai 1.5 m dan kulit juga menyumbang sekitar 15 % dari tubuh manusia.

Sekarang kita akan masuk ke topik utama sesuai dengan judul tentang lapisan kulit. diawal tadi mas bro udah kasih tau kalau kulit terdiri dari 3 lapisan utama yaitu epidermis, dermis dan juga hipodermis. lalu bagaimana susunan dari masing masing lapisan tersebut ??

cekidot eh chek it out....

epidermis

epidermis adalah lapisan paling atas dari kulit, jadi ketika sobat semua menyentuh kulit sobat atau kulit sobatnya sobat (ah ribet...) itu adalah bagian dari epidermis.

Epidermis ini memiliki 5 lapisan lagi apa itu :
  • stratum Korneum :adalah lapisan paling atas dari kulit, terdiri dari sel sel yang mengandung banyak pigmen
  • stratum lusidum :ini lapisan dibawah stratum korneum, tapi biasanya di mikroskop susah buat dilihat karena memang lapisan ini cuma tipis, ciri dari lapisan ini adalah dia memiliki bentuk yang bening karena kehilangan nukleus.
  • stratum granulosum : kalo yang ini kaya namanya granul-osum artinya dia punya banyak granul nah si granul.
  • stratum spinosum: yang satu ini dinamain spinosum karena kalo dilihat dimikroskop bakalan ada gambaran spina spina yang merupakan hubungan/taut antar sel (jangan baper yaa,,, sel ada ada hubungannya masa kamu ngga??)
  • stratum basale : nah kalo kata mas bro sih ini si mother dari epidermis, karena dialah yang aktif bermitosis membentuk sel sel epidermis
lapisan kulit

Dermis

dermis itu lapisan dibawah lapisan epidermis tepatnya dia berbatasan langsung dengan si stratum basale. nah bagian dari lapisan dermis yang berbatasan dengan stratum basale adalah pars papilare. 

kalo dermis ini memiliki 2 lapisan :
  • pars papilare : ini adalah lapisan paling atas dari dermis, dia itu berbentuk papil papil/tonjolann tonjolan atau biasa disebut juga dengan papila dermis.disini tempat terahir ada oembulu darah, jadi lapisan epidermis itu mendapat makan dari pembulu darah ang disini. gimana caranya?? jadi dia berdifusi ke lapisan lapisan epidermis diatasnya tapi pas ntar sampek di granulosum itu dia tidak bisa berdifusi keatas lagi karena ada barier lemak dari stratum itu. nah ini juga yang salah satu yang membuat stratum lusidum kehilangan inti dan mati. disini juga kita bisa menemukan ujung ujung saraf seperti badan patern pacini, meisner.
baca juga : balada basale
  • pars retikulare : kalo yang ini bagian dibawah pars papilare. disini kita bisa menemukan banyak serat kolagen maupun elastin, serat kolagen dia berfungsi untuk kekuatan sedangkan serat elastin dia berfungsi untuk elastisitas.

hypodermis

ini adalah lapisan paling bawah dari kulit disini kita bakalan banyak menemukan buanyaak lemak. nah jadi kalo sobat sekalian gemuk disini lemak sobat disimpan. selain itu kalo temen temen makan kulit ayam dan terasa gurih itu karena ada bagian ini..




Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "lapisan kulit : epidermis, dermis, hypodermis"